Kamis, 25 Oktober 2018

Contoh: 
ACARA ULANG TAHUN

1. Panggilan Beribadah
P Salam sejahtera untuk kita semua. Sungguh alangkah takjubnya kita hari ini atas kasih dan anugerah Tuhan mengumpulkan kita di tempat ini, untuk menyaksikan Keagungan Tuhan di tengah keluarga ini, di mana Ibu kita yang tercinta/Oppung Lukas Boru yang telah mengarungi kehidupan ini selama 74 tahun. Sungguh waktu yang panjang bagi sebuah perjalanan kehidupan di dunia ini.
J Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih SetiaNya
P Perbuatan Tuhan yang besar bagi kehidupan keluarga patutlah menjadi pujian dan ucapan syukur karena Tuhan telah memberikan umur selama 74 tahun dan untuk selama-lamanya.
J Kami hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak memperkenalkan  kesetianMu dengan mulutku turun temurun
P Oleh karena itu, marilah kita memuji Tuhan dengan menyanyikan bersama lagu pujian  Kami puji dengan riang
J (menyanyikan) KJ. 3 : 1,2 “Kami puji dengan riang
Kami puji dengan riang Dikau, Allah yang besar
Bagai bunga trima siang hati kami pun mekar
Kabut dosa dan derita, kebimbangan tlah lenyap
Sumber suka yang abadi, bri sinarMu menyerap
Kau memb'ri, Kau mengampuni, Kau limpahkan rahmatMu
Sumber air hidup ria, lautan kasih dan restu.
Yang mau hidup dalam kasih Kau jadikan milikMu
Agar kami menyayangi, meneladan kasihMu.

2. Votum Introitus Doa
P    Di dalam Nama Allah Bapa, dan nama AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan nama Roh Kudus Amin! Bila Ia berseru kepadaKu, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya
J Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari padaKu
P Marilah kita berdoa: Tuhan, Engkaulah tempat perteduhan kami turun temurun.: Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya; Engkaulah Allah.
J Sungguh, tahun kami habis lenyap oleh murkaMu, dan karena kehangatan amarahMu kami terkejut. Engkau menaruh kesalahan kami di hadapanMu, dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajahMu.
P Sungguh, segala hari kami berlalu karena gemasMu, kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh. Masa hidup kami tujuh puluh tahun, dan jika kami kuat, delapan puluh tahun. Dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru dan kami melayang lenyap.
Keluarga: Siapakah yang mengenal kekuatan murkaMu dan takut kepada gemasMu? Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
P  Kemuliaan bagi Bapa, dan Putra dan Roh Kudus, sekarang ini selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

3. Nyanyian No. KJ 387 : 1 2 Hujan berkat kan tercurah
Hujan berkat kan tercurah, itulah janji kudus
Hidup segar dari sorga, kan diberi penebus
Reff. Hujan berkatMu itu yang kami perlu
Sudah menetes berkatMu, biar tercurah penuh
Hujan berkat kan tercurah, hidup kembali segar
Di atas bukit dan lurah, bunyi derai terdengar
Reff. Hujan berkatMu itu yang kami perlu
Sudah menetes berkatMu, biar tercurah penuh


4. Membaca Firman Tuhan
P Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya. Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!
J Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur, didalam rumahmu, anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu. Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan Tuhan
P Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu dan melihat anak-anak dari anak-anakmu.
J Aku akan memuji engkau, ya Tuhan. Sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak memberi musuh-musuhku bersukacita atasku. Tuhan, Allahku, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan engkau telah menyembuhkan aku.
P Engkau mengenal aku; Engkau mengetahui kala aku duduk dan berdiri; Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kau maklumi.
J   Aku  mau  bersyukur  kepada  Tuhan  dengan  segenap  hati,  dalam lingkungan orang-orang benar dan jemaah. Besar perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
P DiberikanNya rejeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya perjanjianNya. Kokoh untuk seterusnya dan selamanya, sebab dilakukanNya dalam kebenaran dan kejujuran.
J Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya! Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu.
P Berbahagialah orang-orang yang mendengarkan Firman Tuhan serta memeliharanya di dalam kehidupannya sehari-hari Amin.

5. Bernyanyi. KJ 407 Tuhan, Kau Gembala Kami
Tuhan, Kau Gembala kami, tuntun kami dombaMu;
B'rilah kami menikmati hikmat pengorbananMu.
Tuhan Yesus, Jurus'lamat, kami ini milikMu,
Tuhan Yesus, Jurus'lamat, kami ini milikMu.
2
Kau Pengawal yang setia, Kawan hidup terdekat.
Jauhkan kami dari dosa, panggil pulang yang sesat.
Tuhan Yesus, Jurus'lamat, kami mohon b'ri berkat.
Tuhan Yesus, Jurus'lamat, kami mohon, b'ri berkat.

6. Refleksi Hidup atas Berkat yang diberikan Tuhan 
P  Apakah yang patut keluarga katakan, bila kita merenungkan kehidupan yang Tuhan berikan atas ulang Tahun 74 tahun ini.
Keluarga :
Kami hanya dapat mengatakan: DidapatiNya dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. DikelilingiNya dia dan diawasiNya, dijagaNya sebagai biji mataNya
Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku; Ia membaringkan aku ke air yang tenang dan menyegarkan jiwaku. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku seumur hidupku.

Anak dan Menantu
Kami sungguh bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan dan kebahagian bagi orangtua kami yang telah diberikan umur 74 tahun dalam suka dan duka. Sungguh Tuhan menjadikan segala sesuatu di dalam keluarga keluarga kami sehingga melalui ibu,  kami mendapatkan berkat damai sejahtera, kesehatan, dan masa depan yang penuh kebahagian.

Cucu
Ya Tuhan, kami sungguh bersyukur kepadaMu yang memiliki Ompung yang baik dan mengasihi kami, yang mana Tuhan telah karuniakan umur 74 tahun. Lindungilah ompung kami, Peliharalah selalu ImanNya dan berikan Kesetiaan kepada Mu agar di masa tuannya ini penuh kedamaian dan kebahagian.

P Bersyukurlah senantiasa kepada Tuhan, janganlah engkau lupakan segala kebaikanNya

Jemaat :
Kami percaya, bahwa hidup kita akan seperti hidup Israel sebagaimana Firman Tuhan katakan: Sebab beginilah Firman Tuhan: Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan padamu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29 : 11)

Yang berulang tahun dan Keluarga:
Kami hanya mampu untuk berdoa mengucap syukur: PadaMu, ya Tuhan, Kami berlindung, janganlah sekali-kali Kami mendapat malu. Sebab Engkaulah harapan Kami, ya Tuhan, kepercayaan saya sejak dari dulu, ya Allah. KepadaMulah kami bertopang sejak di dalam kandungan ibu kami. Janganlah membuang Kami pada masa tua kami, janganlah meninggalkan kami apabila kekuatan kami habis. Ya Allah, janganlah meninggalkan kami, supaya kami memberitakan kuasaMu kepada keturunan kami dan kepada orang-orang lain tentang keperkasaanMu yang telah kami alami. Amin

7. Bernyanyi dari K.J.No.450 : 1+2 Hidup kita yang benar
Hidup kita yang benar, haruslah mengucap syukur
Dalam Kristus bergemar, janganlah tekebur
Reff. Dalam susah pun senang, dalam segala hal
Aku bermazmur dan ucap syukur, itu kehendakNya
Apa arti hidupmu, bukankah ungkapan syukur
Karna Kristus, penebus, berkorban bagimu
Reff. Dalam susah pun senang, dalam segala hal
Aku bermazmur dan ucap syukur, itu kehendakNya

8. Doa Syafaat

9. Bernyanyi KJ 393 Tuhan, Betapa Banyaknya
Tuhan, betapa banyaknya berkat yang Kauberi,
teristimewa rahmatMu dan hidup abadi.
T'rima kasih, ya Tuhanku atas keselamatanku!
Padaku telah Kauberi hidup bahagia abadi.
2
Sanak saudara dan teman Kaub'ri kepadaku;
berkat terindah ialah 'ku jadi anakMu.

10. Renungan 

11. Bernyanyi KJ 332 Kekuatan Serta Penghiburan
Kekuatan serta penghiburan diberikan Tuhan padaku. Tiap hari
aku dibimbingNya; tiap jam dihibur hatiku. Dan sesuai dengan
hikmat Tuhan 'ku dib'rikan apa yang perlu. Suka dan derita
bergantian memperkuat imanku.
2
Tiap hari Tuhan besertaku, diberi rahmatNya tiap jam. DiangkatNya
bila aku jatuh, dihalauNya musuhku kejam. Yang namaNya
Raja Mahakuasa, Bapa yang kekal dan abadi, mengimbangi duka
dengan suka dan menghibur yang sedih.

12. Penutup (Doa Bapa Kami + Berkat)




Horas Tondi Madingin, Pir Tondi Matogu

Tidak ada komentar:

Mazmur 84 : 1 - 7

Mazmur 84 : 1 - 7 84:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur bani Korah.  84-2 Betapa disenangi tempat kediaman-Mu ,  ya ...